Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan

Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, kopi mengandung kafein sebagai senyawa antioksidan di dalamnya. Antioksidan sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bisa dibilang, kopi memiliki senyawa antioksidan dengan jumlah yang cukup banyak. Dengan adanya senyawa tersebut, minum kopi memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Karena antioksidan membantu tubuh membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, molekul perusak yang merusak sel-sel serta DNA seseorang.

Sebuah penelitian ilimiah yang dilakukan para pakar di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kopi kemungkinan besar memberikan efek positif bagi kesehatan lebih besar dari pada mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Para ilmuwan menghitung jumlah kandungan antioksidan yang merupakan zat anti unsur radikal bebas pada lebih dari 100 jenis makanan termasuk sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, aneka bumbu, minyak dan minuman. Hasil penemuan tersebut kemudian dikombinasi dengan data yang ada di Departemen Pertanian AS dan sumbangan dari setiap jenis bagi pola makan rata-rata di Amerika.

Menurut kepala tim peneliti, Professor Joe Vinson dari Scranton University di Pensylvania, orang Amerika memperoleh sumber antioksidan dari konsumsi kopi dibandingkan dari jenis makanan atau minuman lainnya dan sejauh ini tak ada jenis makanan atau minuman yang menyamai kopi.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati dan usus, diabetes type II serta terkena penyakit Parkinson. Namun Vinson menyarankan agar konsumsi kopi tetap pada tingkat sedang yaitu satu atau dua cangkir setiap harinya.

Menurut Dailymail, leluhur orang Yunani yang tinggal di pulau Ikaria memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi jenis tertentu. Penduduk Ikarian, hingga hari ini rajin mengonsumsi dua cangkir kopi. Kopi tersebut memberikan efek awet muda dan usia panjang. Efek hebatnya terlihat dari rata – rata usia penduduknya yang bertahan hingga 90 tahunan.

Menurut Dr. Gerasimos Siasos, dari Universitas Athens Medical School, “kopi jenis ini kaya akan polifenol dan antioksidan, jumlah kafeinnya lebih sedikit dibanding kopi lain, sehingga memberikan efek yang berbeda. Apabila disatukan manfaatnya, maka ia dapat membuat sel – sel di tubuh beregenerasi dengan baik dan usiapun jadi lebih panjang,” tutur oleh Dr. Gerasimos Siasos.

Dengan meminum kopi, banyak manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan, di antaranya adalah : mengurangi rasa sakit kepala, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko serangan stroke, mencegah tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker

Selain itu juga bisa menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada bagian gusi, mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik.

Merangsang indera tubuh dan meningkatkan laju metabolisme, meningkatkan kemampuan dalam berkonsentrasi, mengatasi perubahan suasana hati, mengurangi risiko terkena depresi, membantu meningkatkan ingatan, mengurangi derita sakit kepala.

Mengurangi derita migrain ringan, serta membantu untuk menjaga atau menurunkan berat badan yang berlebih.

Diet dengan kopi malah menjadi salah satu cara diet untuk menghilangkan lemak dengan cara memasukan kopi dalam menu makanan.

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu tubuh kita dalam meningkatkan proses metabolisme, sehingga kalori yang terbakar di dalam tubuh akan semakin banyak. Penggunaan kafein untuk diet bukanlah hal yang asing, karena ternyata sebagian besar suplemen untuk menurunkan berat badan mengandung kafein.

Bila dibarengi dengan minum kopi sebelum olahraga, kopi akan memiliki manfaat yang ganda. Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa sirkulasi darah pada orang yang minum kopi berkafein sebelum berolahraga mengalami peningkatan sebesar 30 persen selama 75 menit setelah olahraga daripada mereka yang tidak minum kopi atau minum kopi tanpa kafein.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan hasil penelitian yang hampir senada, bahwa minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak.

Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Ini dibandingkan dengan mereka yang hanya diberi plasebo.

Peneliti mengatakan, dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 miligram kafein per kilogram berat badan. Sehingga bagi wanita dengan berat badan 68 kilogram, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein atau sekitar 355 mililiter kopi seduh.

Baca : Pelatihan Barista

Demikian informasi tentang Apakah kopi bisa menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Kopi Bisa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *